Resensi Buku: 99,99% Diterima Kerja

Apakah Anda adalah seorang job seeker yang sedang kesulitan mendapatkan pekerjaan? Kalau iya, mari kita simak bersama uraian berikut ini.

Sesaat setelah lulus sekolah menengah atau mungkin universitas, tentu Anda telah menggantungkan mimpi untuk bisa memiliki penghasilan sendiri dengan bekerja di bidang atau perusahaan idaman. Namun, ternyata perjuangan begitu berat karena Anda juga harus bersaing dengan para “gerilyawan senior” yang sudah lebih dahulu malang melintang berjuang untuk melepaskan status pengangguran.

Selama ini memang banyak sekali para job seeker yang kesulitan mencari pekerjaan, dan mungkin hal ini salah satunya disebabkan karena mereka kurang memiliki gambaran yang jelas tentang apa itu dunia kerja. Sekolah dan Universitas kebanyakan ternyata masih bertahan pada tradisi untuk sekadar mentransfer ilmu dan teori kepada murid-muridnya saja, tanpa memberikan motivasi dan bayangan yang komprehensif tentang dunia kerja.

Melihat kondisi yang demikian, Anda sebagai job seeker, khususnya fresh graduate, perlu membekali diri dengan kiat-kiat khusus agar lebih mantap dan tidak terombang-ambing saat berada di tengah ketatnya kompetisi mencari kerja. Kiat-kiat tersebut laksana senjata ampuh yang akan menjatuhkan lawan dan menempatkan Anda sebagai pemenang.

Menurut pepatah, salah satu keberhasilan untuk menaklukkan sesuatu adalah dengan mengenal sesuatu itu terlebih dahulu. Dalam konteks ini, seseorang perlu mengenal dengan baik apa itu dunia kerja supaya bisa menaklukkannya. Pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin kita bisa mengenal dunia kerja bila sama sekali belum pernah mengalami rasanya berada di dunia kerja? Buku inilah jawabannya.

Buku ini berisi berbagai tips, trik, dan kiat jitu mencari kerja, sehingga bisa menjadi panduan atau “pegangan” para job seeker agar tidak salah langkah dan tidak bingung saat menjalani proses tersebut. Anda bingung mencari informasi lowongan kerja? Tidak tahu bidang kerja apa yang cocok untuk Anda? Kesulitan membuat atau mendesain CV dan surat lamaran kerja? Bingung melakukan persiapan sebelum menghadapi tes psikologi? Panik menjelang seleksi wawancara? Atau mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika melakukan tawar-menawar gaji? Kalau iya, buku ini bisa menolong Anda.

Buku ini tidak hanya berisi hal-hal yang teknis saja, tetapi juga penuh dengan ulasan-ulasan motivatif dan inspiratif yang akan menjadi penyemangat Anda agar tidak mudah menyerah ketika menemui kegagalan dalam proses mencari pekerjaan idaman. Semua materi disampaikan dengan gaya bahasa yang lugas dan ringan sehingga mudah dimengerti dan begitu asyik dibaca. Dilengkapi pula dengan contoh CV dan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dan Indonesia, serta daftar situs penyedia informasi lowongan kerja. Begitu lengkap, praktis, dan sangat membantu!

Buku ini memang sangat baik dibaca oleh para lulusan baru. Namun bagi para pencari kerja “senior” yang masih belum kunjung mendapatkan pekerjaan , tentu buku ini juga bisa menjadi referensi dan panduan yang sangat tepat.

****

Judul: 99,99% Diterima Kerja (Tips dan Trik Agar Bisa Diterima Kerja)

Penulis: Aditya Bayu Aji dan Ahmad D. Roma

Penerbit: Citra Media, Yogyakarta

Cetakan: Pertama, Juli 2010

Tebal: x + 148 Halaman

Ukuran: 13 x 20,5 cm

Leave a comment




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,796 other subscribers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter