[Telah Terbit] Misteri Hantu Perpustakaan

Tahun kemarin saya “ditantang” oleh sebuah penerbit untuk menulis novel anak-anak dengan genre misteri. Sebelum menerimanya, tetapi meminta penjelasan dulu sedetail mungkin perihal novel seperti apa yang mereka maksud dan format seperti apa yang mereka mau.

Saya jadi ingat masa-masa SD dulu. Saya adalah penggemar cerita-cerita misteri. Saat itu saya hobi membaca buku-buku misteri dan serial detektif, seperti Goosebumps, Trio Detektif (ini favorit saya!), Lima Sekawan, buku-bukunya Agatha Christie, dan serial Wiro Sableng #lah.

Tapi yang diinginkan penerbit bukan misteri berat seperti itu, melainkan cerita ringan yang mengandung pesan moral, namun tetap seru. Buku itu harus berisi hal-hal yang positif dan diharapkan bisa memengaruhi anak-anak untuk melaksanakan kebiasaan baik sehari-hari.

Hmmm… menarik juga.

Untuk mencari ide dan merancang plot, saya membutuhkan waktu berhari-hari. Selain membaca beberapa referensi, saya pun banyak guling-gulingan di kasur, memikirkan ide yang pas. Kadang-kadang juga keluar kos dan jalan-jalan sambil ngomong sendiri.

Setelah berhasil mendapatkan ide dasar dan plot yang dirasa cocok, saya pun langsung menuliskannya. Deadline-nya lumayan ketat. Syukurlah penulisannya lancar.

Kebetulan saat SD dulu, saya dan teman-teman sering membincangkan misteri-misteri di sekolah. Dan pengalaman ini sangat membantu saya dalam menulis buku ini.

Buku ini baru saja terbit, dan saat ini sudah bisa didapatkan di toko-toko buku, misalnya Gramedia, Tisera, Gunung Agung, serta toko-toko buku tradisional. Kemarin (25/2) iseng-iseng saya main ke Gramedia Sudirman Jogja, dan menemukan buku ini.

IMG_20140225_193214

Kalau teman-teman punya anak, saudara, atau tetangga yang suka baca dan suka cerita-cerita misteri, boleh lho menghadiahkan buku ini kepada mereka, hehe….

IMG_20140226_061218

Teman-teman dulu pas masih kecil suka baca buku misteri juga?

****

Judul: Misteri Hantu Perpustakaan

Penulis: Aditya Bayu

Jumlah halaman: iv+164

Ukuran: 14,625 x 20 cm

Penerbit: Idea World Kidz

ISBN: 978-602-7728-77-6

14 Responses to “[Telah Terbit] Misteri Hantu Perpustakaan”


  1. 1 giewahyudi February 26, 2014 at 9:47 am

    Wah masih anget bukunya nih. Jadi ini buku kedua setelah Anak Kampus ya, Mas? Semoga sukses ya untuk buku kedua ini..

  2. 3 Yura February 26, 2014 at 10:11 am

    selamat ya mas..
    nanti blusukkan dulu ke tokbok terdekat deh..kale aja udah nyampe di Padang..hehe

  3. 5 jan February 26, 2014 at 1:43 pm

    saya merasa tertampar 🙂 karena sampai saat ini belum menghasilkan satu pun karya.
    btw, selamat aja deh.

  4. 7 lazione budy February 27, 2014 at 12:51 am

    wah keren bung Adit ini.
    boleh nih koneksi ke penerbitnya.
    😀

    aku pesan 2 buku kamu plus ttd dan kirim ke Karawang bisakah? Total saja plus ongkirnya.

  5. 10 ahmad ashari March 15, 2014 at 4:38 pm

    mas, saya mau nanya unsur intrinsik ,tentang hantu perpustakaan, ..
    tema pertama , klub mading.

  6. 12 Fauzi Syaiful Adam April 2, 2014 at 6:41 am

    wah salut sama mas aditya bayu, udah dua buku terbit. selamat mas.. 😀
    sy jg nulis naskah tp gak tau kpn kelarnya, karena tugas kuliah pada numpuk. -..-


Leave a comment




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,796 other subscribers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter